Laba「Baccarat Computer」 Kotor: Pengertian, Faktor dan Cara Menghitungnya

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Kasino online manusia

Baccarat ComputBaccarat Computererdalam buku ABaccarat ComputernalBaccarat ComputeriBaccarat Computersis Laporan Keuangan: Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan (2019) karya Aldila Septiana, laba adalah selisih pendapatan dengan beban. Sehingga perhitungan laba bisa dipakai untuk mengukur beban (biaya) dan pendapatan.

Rumus perhitungan laba kotor

Perlu diingat jika laba kotor hanya perlu menghitung penjualan bersih serta harga pokok penjualan. Untuk jenis beban yang dimiliki perusahaan tidak perlu dihitung.

Setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi laba kotor, yaitu:

Penjualan bersih: Rp 150.000.000

Harga pokok penjualan: Rp 35.000.000

Upah karyawan: Rp 20.000.000

Biaya pasang iklan: Rp 10.000.000

Pajak: Rp 7.500.000

Laba kotor dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah gross profit. Melansir dari Investopedia, laba kotor terkadang juga disebut pendapatan kotor.

Berapakah laba kotor yang dimiliki PT. Abadi Jaya?

Besar kecilnya laba kotor bisa mempengaruhi tindak lanjut perusahaan, tentang apa yang harus dilakukan di periode yang akan datang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Bagaimana Hubungan antara Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi?

Agar semakin mudah memahaminya, mari kita simak contoh soal di bawah ini:

Laba kotor adalah laba yang didapat perusahaan sebelum dikurangi biaya yang menjadi beban perusahaan. Dengan kata lain, laba kotor merupakan perhitungan keuntungan sebelum dikurangi biaya operasional dan pajak. 

Baca juga: Barang Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

Rumus menghitung laba kotor:

Jawaban soal perhitungan laba kotor

Baca juga: Ekonomi Kerakyatan: Pengertian, Ciri-Ciri, Dampak, Faktor Pendorong dan Wujudnya

KOMPAS.com - Laba menjadi salah satu indikator yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dalam ekonomi akuntansi, laba juga bisa disebut profit.

Mengutip dari buku Menggunakan Template Excel untuk Mengetahui Laba Rugi Usaha Kecil (2010) oleh Lilis Setiawati dan Anastasia Diana, laba kotor menjadi indikasi pertama apakah kegiatan usaha tersebut menguntungkan atau tidak.

Karena dengan perhitungan laba kotor bisa membantu perusahaan untuk melihat laba yang diperoleh dari produksi serta penjualan.

Berikut adalah laporan laba rugi yang dimiliki PT. Abadi Jaya: